Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai Perguruan Tinggi tertua di Kalimantan merupakan agen pembaruan yang memiliki visi menjadi pusat pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya Ilmu Ekonomi. Visi tersebut menuntut Universitas Lambung Mangkurat mewujudkannya dengan bukti-bukti kegiatan yang lebih nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat melalui misinya yakni melaksanakan pendidikan bermutu dengan berupaya meningkatkan mutu produknya dalam semua Dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Fakultas Ekonomi(FE ULM) didirikan tahun 1958 dan merupakan salah satu dari 10 (sepuluh) fakultas yang berada di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan perubahan pasar, maka tahun 2014 Fakultas Ekonomi dengan persetujuan Dirjen Pendidikan Tinggi berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Pada tahun 2006 berdasarkan surat keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 1330/D/T/2006 tanggal 17 April 2006 dengan nama Magister Ekonomi Pembangunan dan SK Perpanjangan No.2965/D/T/2008 tanggal 4 September 2008.

Pada tahun 2017 Program Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Lambung Mangkurat sesuai dengan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, BAN-PT No. 2808/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2017 ditetapkan status akreditasi dan peringkat terakreditasi Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkrat dengan status Terakreditasi B.

Sesuai dengan tujuan dibukanya program ini untuk menghasilkan lulusan bermutu dengan konsentrasi keuangan daerah dan perencanaan daerah yang sangat dibutuhkan bagi kabupaten/kota, maka prodi S2 MIE berupaya menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah Kab./kota maupun propinsi. Kerjasama dilakukan dengan mengirimkan stafnya untuk belajar di prodi S2 MIE sehingga lulusannya diharapkan mampu mengisi kekurangan daerah baik dalam hal perencana daerah maupun keuangan daerah melalui penguasaan ilmu yang didapat selama menimba ilmu di prodi S2 MIE (Magister Ilmu Ekonomi).

Sesuai dengan perkembangan kebutuhan tenaga perencana di kab./kota. Maka kami menawarkan Kerjasama dalam rangka melaksanakan Program Pendidikan Magister Ilmu Ekonomi dengan peserta didik khusus dari PNS di lingkungan Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota.